Siapkan Tenaga Kerja Muda Bertalenta, PNM Gelar Program Up Skilling 2023

Kupang, 9 Oktober 2023 – Dalam upaya meningkatkan kesiapan tenaga kerja muda yang syarat dengan talenta, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melakukan kegiatan dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni Up Skilling 2023: Pencari Kerja Cerdas bagi para lulusan SMA/K sederajat di Hotel Kristal Kupang, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu (04/10) - Kamis (05/10) lalu.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa narasumber handal, salah satunya adalah Dini Yulia Kurniati, Ketua Yayasan JAGI Foundation dan Ketua Tenaga Ahli Program Jabar Masagi.

“Masih ada gap antara kesiapan skill dan mental tenaga kerja muda yang baru menyelesaikan pendidikan formalnya untuk masuk ke dunia kerja, hal ini yang kemudian menjadi salah satu akar masalah jumlah pengangguran di Indonesia yang mencapai 7,99 juta per Februari 2023 kemarin,” ungkap Mira Damayanti selaku Kepala Divisi Jasa Manajemen dan TJSL PT PNM yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Berjumlah 100 peserta yang merupakan lulusan SMA sederajat sampai dengan S1, pelatihan ini berfokus pada 4 materi yakni mempersiapkan mental dalam bekerja (pengenalan diri, adaptasi kerja, dan lingkungan sekolah ke lingkungan kerja), administrasi pelamar kerja, pengenalan dasar-dasar penggunaan Microsoft Word, Power Point, dan Excel, lalu yang terakhir Sales dan Marketing.

Para peserta juga diperkenalkan dengan peluang dalam bergabung bersama PT Permodalan Nasional Madani. Per Agustus 2023 kemarin, ada 43.721 Account Officer (AO) PNM yang 95,61% adalah lulusan SMA/K. Menjadi lapisan pertama untuk melayani nasabah di Seluruh Indonesia, PNM menyerap tenaga kerja dari lulusan SMA/K sederajat dan pendidikan di atasnya. Tidak hanya melayani nasabah, AO juga bertanggung jawab dalam collection ibu-ibu nasabah Mekaar PNM. Di samping itu, tidak sedikit mereka yang ternyata juga memiliki bekal ilmu berwirausaha hingga membuka usahanya sendiri.

“Kegiatan Up Skilling ini juga tidak hanya memberikan pelatihan sebagaimana PNM yang selalu menyertai permodalan dengan pendampingan, tetapi kami membuka peluang bagi siapa saja yang ingin mencoba kesempatannya bergabung bersama kami,” imbuh Henry Yunus Kamang Pangemanan selaku Direktur Bisnis II PT Mitra Utama Madani (MUM), perusahaan afiliasi PNM yang mengatur perekrutan AO.

Singkatnya, PNM bekerja untuk pemberdayaan nasabah melalui pembiayaan dan pendampingan. Pembiayaan dan pendampingan merupakan dua sisi mata uang yang tidak boleh dipisahkan satu dengan lainnya.

Kegiatan ini selaras dengan fokus PNM dalam membangun pilar ekonomi yang menjadi pilar penting dalam tinjauan Sustainable Development Goals (SDGs), terutama indikator menciptakan layak dan petumbuhan Ekonomi, serta mengatasi berkurangnya Kesenjangan di masyarakat. Tidak hanya itu kegiatan ini juga mendukung pilar sosial SDGs yakni mengurangi angka kemiskinan di masyarakat.