Perhatikan Mobilitas AO, PT MUM Bekali Safety Riding

Musi Banyuasin, 12 Juni 2023 – PT MUM gelar pelatihan Safety Riding sebagai komitmen perusahaan dalam menjamin keselamatan kerja karyawan. Mobilitas Account Officer (AO) di lapangan setiap harinya sangat tinggi. Mulai dari Kantor Unit, ke tempat PKM, hingga ke rumah-rumah para nasabah. Jarak yang ditempuh juga tidak pasti setiap harinya. Safety riding kemudian menjadi bekal penting bagi AO dalam kesehariannya.


Menjamin keamanan karyawan, sebagaimana prinsip Good Corporate Governance (GCG), berhasil dijalani oleh PT MUM melalui Pelatihan Safety Riding yang dilakukan di Gambo Hotel & Residence pada 10 Juni lalu. Dihadiri 150 AO, PT MUM menggandeng K3PNM, Jasa Raharja Cabang Sumatera Selatan, dan Satlantas Polres Musi Banyuasin untuk menjadi narasumber kegiatan ini.


“Prinsip keselamatan kerja ya harus menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman,” jelas Deded, Pemimpin Cabang Palembang, “tetapi adik-adik AO ini kan spesial, lingkungan kerjanya bukan hanya diam di kantor-kantor unit saja. Mereka harus hilir-mudik ke rumah nasabah dan lokasi PKM. Maka dari itu PNM harus sigap meluaskan jangkauannya dalam menjamin keselamatan adik-adik saat berkendara,” tutup Deded.


Pemaparan keamanan berkendara dilakukan dengan runut mulai dari kelengkapan dalam berkendara motor, peraturan lalu lintas, dan hal-hal yang perlu dilakukan saat menghadapi tantangan berkendara. Sosialiasi terkait ETLE (Electronic Traffic Law) juga dilakukan. Pembebanan pelanggaran lalu lintas yang sudah dilakukan secara elektronik menjadi poin yang harus diperhatikan AO.

Kegiatan kali ini juga mengupayakan peningkatan keselematan karyawan dalam berkendara melalui prosedur klaim jaminan karyawan dengan Jasa Raharja. Tetap pada prinsipnya, perusahaan mengingatkan bahwa kesediaan jaminan bukan berarti menjadi celah untuk lalai berkendara.
Program rutin ini diharapkan dapat terus dijalankan mengingat pentingnya safety riding terutama AO. Situasi dan kondisi pengemudi tidak dapat dipastikan setiap saat. Rutinnya program ini diharapkan dapat selalu mengingatkan tindakan terbaik yang dapat diambil karyawan saat menjalankan tugas.