Pelatihan Service Excellence, Pelayanan Prima Yang Berintegritas

Balikpapan - 12 Januari 2024, PT Mitra Utama Madani (MUM) berkomitmen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dan pemberdayaan, serta memastikan kualitas portofolio kelolaan dengan baik. Melalui program pelatihan MUM, kegiatan Pelatihan Service Excellence digelar kembali di Hotel Horison Ultima, kota Balikpapan. Kegiatan Service Excellence, dibuka oleh Bapak M. Akbar Al-Muarafah selaku Wakil Pemimpin PNM Cabang Balikpapan dan Cabang Samarinda, serta dihadiri M. Saiful Anwar selaku MSU (Management Support Unit) MUM Cabang Balikpapan.

Service Excellence batch XI Balikpapan dihadiri oleh 23 karyawan kelolaan PT MUM yang berdomisili di Balikpapan. Pemateri Service Excellence kali ini ialah seorang High Performance Coach, Ibu Titis Tata, materi difokuskan ialah:

  1.  Mentalitas Dasar untuk Service Excellence
  2.  Keterampilan Service Excellence
  3. Penanganan Keluhan
  4. 3S (Senyum, Salam. Sapa)

Para peserta yang notabene adalah karyawan kelolaan MUM diharapkan dapat menambah wawasan seluruh karyawan terkait pelayanan prima kepada stakeholders. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat eksistensi MUM dalam meningkatkan kesejahteraan user/kliennya.

Service Excellence merupakan tanggung jawab semua elemen di sebuah unit kerja, dari level bawah hingga level manajemen teratas. Pelayanan terbaik adalah apabila pengguna jasa merasakan kepuasan yang melebihi ekspektasi.

Komponen penting pelayanan prima yang berintegritas adalah penampilan, sikap, dan skill. Penampilan adalah kesan pertama yang akan ditangkap oleh pengguna jasa, selanjutnya sikap yang baik dari gesture tubuh maupun cara berbicara. Hal yang tidak kalah penting adalah skill yang harus dimiliki yaitu penguasaan bidang pekerjaan, solutif, memahami ketentuan serta sigap dan cekatan.

Selain pemaparan materi, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan praktik secara langsung untuk mengaplikasikan teori yang disampaikan. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan di PNM Cabang Balikpapan.

Merujuk pada laman BPS.go.id, Jumlah angkatan kerja berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) di Provinsi Kalimantan Timur pada Agustus 2023 sebanyak 1.950.860 orang, naik 98.058 orang dibanding Agustus 2022. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur,  Yusniar Juliana, mengatakan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Provinsi Kalimantan Timur, per Agustus 2023 sebesar 5,31 persen, atau turun 0,40 persen. Hal ini merupakan sebuah perbaikan positif bagi sektor ketenagakerjaan di kota Balikpapan. 

MUM berpegang teguh dalam memperkuat strategi untuk layanan prima (service excellence) dengan tujuan memenuhi kebutuhan user secara optimal. Ditambah dengan Standard Operating Procedure sebagai SOP, perusahaan mengacu pada kinerja karyawan kelolaan MUM berkompetensi tinggi untuk bersaing di pasar ketenagakerjaan dalam menyongsong perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

Source: MUM.id, kaltim ANTARANews, dan BPS.go.id

 

Informasi lebih lanjut:

Putri Amandawati

Corporate Communication

PT Mitra Utama Madani

corcom@mum.co.id

www.mum.co.id