Optimalkan Keselamatan, MUM gelar Pelatihan Safety Riding Akbar

Lampung, 28 Oktober 2023 – Dalam upaya memberikan edukasi keselamatan berkendara untuk menurunkan angka kecelakaan dan fatalitas korban, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui afiliasinya PT Mitra Utama Madani (MUM),  menggelar pelatihan Safety Riding Akbar untuk Account Officer (AO) PNM di Novotel Hotel, Lampung, pada Sabtu (28/10/2023) lalu. Safety Riding kali ini merupakan pelatihan terbesar di wilayah Sumatera, dengan total 500 peserta. Dalam kegiatan ini, AO PNM diberikan berbagai materi pelatihan, baik secara teori maupun praktik.

Kegiatan Safety Riding Akbar, dibuka oleh Bapak Puji Riyanto selaku Pemimpin Cabang PNM Lampung dan dihadiri langsung oleh Wakasat Lantas Polresta Bandar Lampung; Iptu Agus Jatmiko, Kepala Bagian Operasional PT Jasa Raharja Cabang Lampung; Ahmad Arkan Nugraha, Manajer Kasus BPJS TK; Sayoko Adi Nugroho.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi oleh BPJS Ketenagakerjaan yang difokuskan kepada Jaminan Kecelakaan Kerja merujuk pada UU. Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Perpres Nomor 7 Tahun 2019 tentang Penyakit Akibat Kerja. Wilayah Lampung merupakan salah satu daerah yang memiliki claim ratio santunan Jasa Raharja cukup tinggi, yakni sebesar 72.14% pada semester I tahun 2023, atau di atas angka claim ratio nasional.

“Faktor manusia (human error) menyumbang persentase terbesar dalam kecelakaan lalu lintas, rata-rata 4 orang meninggal dunia setiap jam akibat kecelakaan lalu lintas,” ungkap Kepala Bagian Operasional PT. Jasa Raharja Cabang Lampung, Ahmad Arkan Nugraha.

Human error bisa disebabkan oleh pelanggaran aturan berlalu lintas dan juga kurangnya pengetahuan bagaimana cara menguasai kendaraan di jalan. Hingga September 2023, angka kecelakaan lalu lintas yang dirilis oleh Korlantas Polri naik sebesar 3,84%. 

Pentingnya mengikuti pelatihan safety riding dimaksudkan untuk meminimalisir kecelakaan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu saat berkendara. Menurut Wakasat lantas Polresta Bandar Lampung, Iptu Agus Jatmiko, kebanyakan pengendara di jalan saat ini bisa mengendarai kendaraan secara otodidak tanpa mengetahui teknik-teknik berkendara yang baik dan benar.

“Safety Riding diharapkan dapat mempersenjatai diri dengan ilmu tersebut agar lebih siap menghadapi aktivitas berkendara, dengan demikian jumlah angka kecelakaan dapat ditekan dan memberikan kesejahteraan bagi Srikandi PNM Mekaar, yang merupakan titipan Bangsa Indonesia kepada PNM untuk membuat negara lebih hebat,” imbuh Pemimpin Cabang PNM Lampung, Puji Riyanto. 

Kecelakaan kendaraan bermotor merupakan salah satu sebab terbanyak kemiskinan di Indonesia, dimana sanak keluarga yang ditinggalkan telah kehilangan pilar penghasilan. Pelatihan safety riding jadi sarana yang baik, hal ini juga selaras dengan fokus PNM dalam membangun pilar ekonomi yang menjadi pilar penting dalam tinjauan Sustainable Development Goals (SDGs), terutama indikator menciptakan layak dan petumbuhan Ekonomi, serta mengatasi berkurangnya Kesenjangan di masyarakat.  

***

Tentang Mitra Utama Madani

PT Mitra Utama Madani (MUM) sebagai salah satu afiliasi dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) hadir sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa alihdaya. MUM menyediakan dan mengelola tenaga alih daya, assessment center, pelatihan, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan konseling. Didukung dengan cakupan wilayah penyedia tenaga alih daya yang luas, perwakilan karyawan PT MUM telah tersebar di seluruh daerah Indonesia, khususnya Sumatra dan Jawa Barat. Kini PT MUM telah terintegrasi dalam satu sistem, yaitu MUM.ID. Dengan Visi “Menjadi Lembaga alih daya yang memberikan "Integrated Human Resource Solution”, MUM selalu berupaya untuk menjaga integritas, kualitas SDM yang unggul dan profesional, serta memberikan nilai tambah bagi para stakeholder.

www.mum.id

 

Informasi lebih lanjut:

Tim Komunikasi Mitra Utama Madani

Up: Amanda

Email: corcom@mum.co.id

Mobile: +62 811-1212-1221