Komitmen Perusahaan dalam Implementasi ISO 37001:2016 dan ISO 9001:2015 , PT MUM telah Melaksanakan Audit Surveillance

Good Corporate Government (GCG) atau Tata Kelola Perusahaan yang Baik  merupakan salah satu pilar utama yang menopang operasional sebuah perusahaan sekaligus merupakan indikator utama dari akuntabilitas. Perusahaan menyadari sepenuhnya bahwa implementasi GCG akan membantu pencapaian visi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh stakeholder. 

Komitmen MUM dalam implementasi GCG dituangkan dalam Sistem Manajemen PNM (SM PNM) untuk memastikan konsistensi pelaksanaan GCG di lingkungan perseroan secara menyeluruh. Sebagai bentuk implementasi dari GCG, pada tanggal 22 - 23 Juni 2023, di Menara PNM Lantai 12, PT MUM telah melaksanakan Audit Surveillance, dengan pihak Sucofindo sebagai auditor. 

Tujuan audit adalah untuk memastikan bahwa Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) & Sistem Manajemen Mutu perusahaan didokumentasikan, dilaksanakan, dipelihara secara efektif dan memenuhi persyaratan standar audit, peraturan perundang-aturan dan lingkup sertifikasi. 

Kegiatan audit diikuti oleh seluruh Divisi PT MUM, mulai dari Divisi Keuangan dan Operasional, Divisi Bisnis I, dan Divisi Bisnis II. Prosedur Audit Surveillance dilakukan setiap tahun selama sertifikasi itu masih berlaku untuk memantau pelaksanaan ISO dari perusahaan tersebut apakah masih sesuai dengan ketentuan ISO yang berlaku atau tidak. 

Kegiatan ditutup dengan pemeriksaan dokumen terkait untuk memastikan efektivitas perencanaan, operasi, dan mengontrol proses. Melalui proses audit ini bisa dibuktikan, bagaimana komitmen dan peran serta seluruh karyawan dalam menjalankan standar ISO. 

Hasil dari Audit Surveillance, PT Sucofindo menetapkan bahwa PT MUM berhak menggunakan sertifikat ISO 37001:2016, dan ISO 9001:2015 sebagaimana mestinya sesuai dengan masa berlakunya. Harapannya MUM tetap meningkatkan integritas, agar visi perusahaan dapat tercapai dengan baik.